IOS 13 Resmi di Umumkan: Dark Mode hingga Memoji Make Up

Sumber: Apple.com


Assalamualaikum,

Baru 5 jam yang lalu, Apple menyelenggarakan acara WWDC Edisi Juni 2019 alias Acara khusus Apple yang mengundang para pengembang untuk mengetahui update terbaru dari Apple. Untuk event bulan Juni, biasanya Apple akan fokus pada pengembangan softwarenya. Nah, untuk Juni ini, Apple akhirnya meluncurkan IOS 13, Sistem Operasi baru untuk iPhone, iPad dan iPod yang sudah dirumorkan dalam beberapa bulan terakhir. Berikut fitur-fitur terbaru dari IOS 13 ini:
  1. Peningkatan Performa
Pastinya, dari generasi ke generasi, sistem IOS terus mengalami peningkatan kecepatan karena kebutuhan pengguna sehari-harinya terus meningkat. Di IOS 13 ini, Apple mengklaim, jika kecepatan membuka aplikasinya bisa lebih cepat dua kali dari IOS 12. Bahkan, ketika membuka ponsel melalui Face Id nya. 
  1. Dark Mode
Akhirnya, setelah Mac Os Mojave yang sudah menggunakan fitur ini, Apple membawanya ke fitur mobile di iPhone, iPad dan iPod. Fitur yang sudah sangat di tunggu-tunggu ini menjadi fitur unggulan di IOS 13. Semua aplikasi Apple sudah mendukung fitur ini. Sehingga, pengguna tidak harus kesulitan mengupdate semua aplikasinya ketika IOS ini sudah terinstal. 
  1. Apple Keyboard
Pembaruan pun di berikan pada fitur Keyboardnya. Pada fitur ini, Apple menambahkan Swipe yang sudah di terapkan pada Swiftkey dan Gboard. Alhamdulilahnya, fitur ini bisa mempercepat proses pengetikan para pengguna dalam aktivitas sehari-harinya.
  1. Reminder
Apple memberikan fitur tambahan pada aplikasi Reminder mereka. Pada fitur ini Apple menitikberatkan untuk terus mengingatkan pengguna terkait aktivitasnya. Sehingga di tambahkanlah AI yang membantu pengguna untuk terus diingatkan. Belum lagi, ada feature tambahan lainnya yakni Today, Scheduled, Flagged dan All yang berguna untuk memfilter tugas-tugas kita.
  1. Apple Maps
Sering dibandingkan dengan Google Maps, kali ini Maps di Apple di berikan peningkatan performa yang mumpuni yang terlihat seperti Google Street View. Walaupun nantinya fitur ini baru bisa kita nikmati di tahun 2020.
  1. Memoji Makeup
Ada yang menarik di IOS 13 ini, yakni fitur yang bisa memungkinkan kita untuk mengubah nama dan foto profil kita. Bahkan, mengubahnya menjadi Memoji. Seperti WhatssApp, nantinya foto dan anam profil kita bisa kita share ke pengguna lain. 
  1. Photos
Pada aplikasi ini, Apple memberikan fitur tambahan dengan mengubah tampilan interface nya, dan menambahkan machine learning untuk membuang foto yang terduplikasi. Kabar paling bahagianya adalah akhirnya Apple memberikan fitur edit pada video. Ini yang paling di tunggu-tunggu. Hal ini memungkinkan para pengguna untuk melakukan grading pada videonya. Dalam IOS 13, akan ada fitur edit video standar seperti higlights, shadows, contrast, saturation, white balance, sharpness, definiton, vignette dan noise reduction pada video yang telah kita rekam.
  1. File Transfer
IOS 13 memungkinkan pengguna untuk menarik file dari SD Card dan USB Flash ke aplikasi File di IOS. Ini menjadi baik karena sebelumnya pengguna kesulitan dalam berbagi file antar device
  1. Peningkatan Privasi
Seperti biasa, Apple akan terus meningkatkan kemampuan privasinya yang memang menjadi andalan mereka setiap tahunnya. Pada IOS 13, pengguna dapat memilih untuk memberikan data lokasi kepada aplikasi yang terinstall di IOS. Sekarang, pengguna bisa login menggunakan face id untuk membuat akun baru tanpa harus menganggu akun personal. 
  1. Phone Upgrades
Untuk tahun ini, iPhone 6 dan SE harus tereliminasi karena tidak memiliki update untuk IOS 13 ini. IOS 13 akan diberikan minimal untuk iPhone 6s, 6s Plus, 7, 7 Plus, 8, 8 Plus, X, XS, XS Max dan XR.

Apple terus bekerja keras untuk membuat para penggunanya semakin puas dengan produk yang sudah diberikan. Setiap tahun terus memberikan peningkatan. Dengan peningkatan ini, pengguna akan semakin puas dengan produk yang di tawarkan. Anyway, IOS 13 baru akan bisa diinstal secara global menjelang September, seperti tahun-tahun sebelumnya.

Jazakallah,


Wassalamualaikum, 

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More