Aa Gym: Tenggelam

Assalamualaikum,

Salah satu yang bisa membuat kita bahagia dalam hidup ini adalah tenggelam menafakuri karunia Alloh. Kalo kita ingin optimis dalam hidup ini maka fokus kita adalah menafakuri, merenungkan karunia Alloh yang tiada bertepi. 

Jadi orang yang berputus asa fokusnya bukan kepada karunia Alloh, fokusnya kepada dirinya.

Cari lelaki islam adalah Sholat Jum'at, ciri lelaki beriman adalah sholat subuh berjamaah di masjid,ciri lelaki sholehah sholatnya di rumah terus. Nikmat terbesar itu adalah nikmat yang berkaitan dengan iman,  musibah terbesar itu adalah musibah yang berkaitan dengan iman.

Sakit baik atau buruk?
Tergantung bagaimana menyikapainya,  kalah kepahitan itu mendekatkan kepada Alloh itu nikmat, kalo kenikmatan itu menjauhkan dari Alloh itulah sebetulnya musibah yang asli. Kalau sekedar diambil apa yang dimiliki oleh Alloh, itu sebenarnya bukan musibah, karena semua itu adalah milik Alloh. Yang sebenarnya musibah itu adalah menangisi sesuatu yang bukan miliknya. 

Tetapi karunia seperti ini, masalahnya:
1. Jarang di syukuri.
2. Tidak jarang nikmat seperti ini malah menjadi penyakit hati, jadi ujub, jadi takabur, jadi ria. 

Orang yang taat jadi sombong, lebih buruk dibanding orang yang tergelincir berbuat maksiat, lalu taubat. Kegembiraan Alloh melihat orang berdosa taubat, itu dahsyat sekali. Makanya jangan meremehkan orang yang bergelimang dosa jadi taubat itu kedudukannya melesat di sisi Alloh. 


Hati-hati nih, yang sudah diberi nikmat taat, kemudian jadi ujub. Orang ujub itu merasa bahwa ketaatan itu adalah masih jerih payanlhnya sendiri, hasil daripada perjuangan. Salah! Kita bisa begini itu hanya karunia Alloh. Orang yang ujub itu heran diri, dia sedang tahajud dan orang lain tidur dia mengejek dan meremehkan orang lain, dia lagi shaum dan ada yang tidak shaum dia meremehkan, merasa jadi orang yang paling sholeh. Itu ujub, hatinya itu ngangkat sendiri. Kalau orang takabur, dia mendustakan kebenaran dan menganggap remeh orang lain.

Wassalamualaikum,

0 comments:

Post a Comment