Tidak Lulus Ujian

Assalamualaikum,

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

عَجَبًا ِلأَمْرِ الْمُؤْمِنِ إنَّ أَمْرَهُ كُلَّهُ لَهُ خَيْرٌ وَلَيْسَ ذَلِكَ ِلأَحَدٍ إِلاَّ لِلْمُؤْمِنِ، إِنْ أَصَابَتْهُ سَرَّاءُ شَكَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ، وَإِنْ أَصَابَتْهُ ضَرَّاءُ صَبَرَ فَكَانَ خَيْراً لَهُ

“Sungguh menakjubkan urusan seorang mukmin, semua urusannya adalah baik baginya. Hal ini tidak didapatkan kecuali pada diri seorang mukmin. Apabila mendapatkan kesenangan, dia bersyukur, maka yang demikian itu merupakan kebaikan baginya. Sebaliknya apabila tertimpa kesusahan, dia pun bersabar, maka yang demikian itu merupakan kebaikan baginya.”(Hadits shohih. Diriwayatkan oleh Muslim, no. 2999 dari Abu Yahya Shuhaib bin Sinan radhiyallahu ‘anhu).

Jadi bagi kita yang ditakdirkan beriman semua urusan itu baik kalau benar menyikapinya, tidak usah takut dengan masalah tapi takutlah salah menyikapi masalah. 

Orang tidak lulus ujian bukan karena soal tapi orang tidak lulus ujian karena salah jawabannya. Jadi yang paling penting kita pikirkan adalah bagaimana bisa menjawab dengan benar. 

Salah satu yang membuat kita menderita adalah kita ini kurang bersyukur bukan kurang karunia. Alloh Ta'ala memiliki salah satu asmaul husna Asy-Syakur (Yang Maha Menghargai, Maha Mensyukuri kebaikan hamba-Nya) walaupun itu kecil. 

Jika kita bersyukur dengan nikmat yang Alloh beri maka janji Alloh akan menambah nikmat itu, maka jangan takut kurang karunia tapi takutlah kurang bersyukur.

Ayoo sahabat nikmati hidup dengan selalu bersyukur kepada Alloh Ta'ala. Yakinlah semua kesulitan, musibah yang kita dapat itu sangat sedikit dibanding dengan nikmat yang Alloh beri. 

Amalkan doa ini yaa sahabatku agar hati ini senantiasa bersyukur dengan nikmat Alloh yang begitu banyaknya. 

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda pada Mu’adz, 

“Demi Allah, aku sungguh mencintaimu. Aku wasiatkan padamu, janganlah engkau lupa untuk mengucapkan pada akhir shalat (sebelum salam):

اللَّهُمَّ أَعِنِّى عَلَى ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ

ALLAHUMMA A’INNI ‘ALA DZIKRIKA WA SYUKRIKA WA HUSNI ‘IBADATIK


"Ya Allah, tolonglah aku agar selalu berdzikir/mengingat-Mu, bersyukur pada-Mu, dan memperbagus ibadah pada-Mu.” (HR. Abu Daud dan Ahmad, shahih)

Wassalamualkum,

0 comments:

Post a Comment